Budidaya Sarang Walet Dan Cara Panen

Burung walet adalah satu diantara burung yang habitat alaminya ditebing dekat dengan laut. sarang walet ini sendiri mempunyai nilai jual yang begitu tinggi, mekipun harganya terkadang turun akan tetapi budidaya sarang walet yang di lakukan masyarakat semakin hari semakin banyak. meskipun begitu banyak peternak walet atau pengusaha sarang walet semakin bertambah dan tidak terpengaruh oleh situasi harga walet saat ini.

Burung Walet sendiri adalah burung pemakan serangga yang sangat sukua meluncur seperti sebuah pesawat luncur yang sedang meluncur ‘hehehehe’. dan salah satu hewan yang memiliki sifat yang setia dan juga senantiasa pulang kesarang yang sama dan tidak perduli jauhnya dia pergi untuk mencari makan, burung tersebut akan tetap kembali ke sarang asalnya pada sore. oleh karena itu burung walet ini benar-benar susah untuk dibudidayakan. bisa saja lantaran itu yang membuat harga sarang nya termasuk begitu mahal. dan disini saya juga akan membahas waktu-waktu panen yang di lakukan saat bisnis burung tersebut.

budidaya sarang walet

Waktu-waktu Panen Sarang Burung Walet:

1. Panen 4 kali setahun
Panen ini dikerjakan bila walet telah betah dengan tempat tinggal yang ditempati serta sudah padat populasinya. Langkah yang digunakan yakni panen pertama dikerjakan dengan alur panen rampasan.
Dan untuk panen setelah itu dengan cara membuang telur.

2. Panen 3 kali setahun
Jumlah dalam panen ini sangatlah baik untuk gedung walet yang telah berjalan serta masih membutuhkan untuk menambahkan populasi. Langkah yang digunakan yakni, panen tetasan untuk panen pertama setelah itu dengan alur rampasan dan juga buang telur.

3. Panen 2 kali setahun
Langkah panen ini dikerjakan pada awal pengelolaan, yang tujuannya adalah perbanyak populasi burung walet serta untuk membikin walet merasa kerasan tinggal di tempat tersebut.

PASCAPANEN
Sesudah hasil panen walet disatukan dan juga dikerjakan pembersihan serta penyortiran dan memilih dari hasil yang didapat. Hasil panen dibikin bersih dari kotoran-kotoran yang melekat yang selanjutnya dikerjakan untuk memilah pada sarang walet yang bersih ataupun sarang yang kotor.

semoga informasi mengenai cara panen walet ini akan membantu anda yang sudah menjalankan usaha ataupun yang baru saja mencoba untuk budidaya sarang walet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.