15 Cara Efektif untuk Melindungi Anak Anda dari Ancaman Internet

Kekerasan, pornografi, perjudian, virus, spyware, dan lain-lain ; Ini adalah beberapa ancaman yang dapat dihadapi anak-anak Anda saat menggunakan internet. Dan karena Anda tidak dapat memantaunya setiap saat, Anda perlu menemukan cara untuk melindungi anak-anak Anda dari ancaman ini. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

1. Ajarkan mereka untuk tetap aman. Bicaralah kepada mereka tentang keamanan pribadi saat menggunakan internet. Beritahu mereka untuk menolak memberikan informasi pribadi kepada orang yang mereka temui secara online. Hindari mengisi formulir keanggotaan dan survei yang mengharuskan mereka untuk menyatakan informasi mereka.

2. Tempatkan komputer Anda di tempat di mana Anda dapat memantau penggunaan internet anak-anak Anda dan tidak di kamar tidur mereka.

3. Buat peraturan rumah untuk membatasi akses internet anak-anak Anda.

4. Jaga agar akun komputer anak-anak Anda “terbatas. Ini akan membuat Anda tetap memegang kendali atas akses yang signifikan ke komputer.

5. Mencegah mereka membuat profil pribadi dengan menggunakan situs jejaring sosial yang bisa dilihat oleh siapa saja dan di mana saja. Situs seperti MySpace membuat tempat bagi predator online untuk mengakses informasi pribadi yang untuk tujuan mereka. Jika anak-anak Anda sudah memiliki profil yang diposkan di web, pastikan Anda tahu gambar dan informasi pribadi yang mereka poskan. Juga, pastikan untuk melihat blog mereka.

6. Jika anak Anda cukup muda untuk menggunakan web browser biasa, download web-browser yang dibuat untuk anak-anak. Mereka menyaring situs web yang buruk dan membatasi akses anak-anak Anda ke halaman web yang telah disetujui sebelumnya.

7. Beritahu mereka untuk menghindari perangkat lunak berbagi-pakai peer-to-peer. Ini karena virus, spyware, dan adware bisa leluasa masuk komputer anda melalui software ini.

8. Gunakan perangkat lunak penyaringan internet untuk memblokir situs web yang buruk dari komputer Anda.

9. Gunakan perangkat lunak pemantauan internet untuk melacak aktivitas anak-anak Anda dari situs yang dikunjungi secara diam-diam; Chat room masuk, download, percakapan.

10. Menghadiri anak-anak Anda segera jika mereka melaporkan adanya pertukaran online yang tidak nyaman yang mereka hadapi.

11. Bagikan alamat email yang sama sehingga Anda dapat memantau pesan mereka.

12. Jika mereka menggunakan pesan instan, pastikan Anda tahu siapa yang ada dalam daftar mereka.

13. Jika mereka masuk chat room, suruh mereka tinggal di ruang publik agar administrator chat room bisa memonitor pembicaraan anda. Beritahu mereka untuk mengabaikan pesan pribadi.

14. Beritahu mereka untuk tidak bertemu secara pribadi dengan orang asing yang mereka temui secara online.

15. Dan, ajarkan mereka untuk mendekati Anda setiap kali mereka memiliki keraguan pada email dan pesan yang mereka terima, popup jendela yang muncul, dan formulir yang diminta untuk diisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.